Jelang Penas KTNA ke-XVI

Untuk menyongsong pelaksanaan Pekan Nasional Petani dan Nelayan (Penas KTNA) XVI di Sumatera Barat  Juni 2020 mendatang, petani dan nelayan di beberapa provinsi akan menggelar Pekan Daerah (Peda) mulai Juni ini. Peda KTNA tersebut akan berlangusng di 34 provinsi.

Presiden Joko Widodo membuka Penas KTNA ke-XV di Aceh

KTNA Indonesia – Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Tohir mengatakan, Peda KTNA tak hanya sebagai ajang kegiatan petani dan nelayan di setiap daerah, tapi menjadi wahana petani dan nelayan  untuk melakukan konsolidasi. “Kegiatan Peda hampir sama dengan kegiatan Penas. Bedanya, kalau Peda diselenggarakan di masing-masing daerah, tapi kalau Penas difokuskan di satu tempat secara nasional,” katanya.

Winarno menyebutkan, setidaknya ada sekitar 32 kegiatan yang digelar di setiap daerah. Di dalam kegiatan dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok petani/kontingen. Di setiap Peda diperkirakan ada sekitar 5.000 peserta yang hadir dalam setiap kegiatan Peda. Peserta nantinya akan dibagi dalam berbagai kelompok untuk mengikuti kegiatan yang digelar dalam Peda.

“Kelompok atau kontingen yang mengikuti kegiatan itu nantinya akan dipilih panitia sebanyak 1.000 peserta untuk mengikuti Penas XVI di Sumatera Barat Juni 2020 mendatang,” kata Winarno.

Baca Juga:
Rembug KTNA dan EXPO KTNA 2019

Winarno juga mengatakan,  kegiatan yang digelar dalam Peda hampir sama  dengan kegiatan Penas. Diantaranya, musyawarah, temu wicara, unjuk tangkas, demontrasi kegiatan pertanian, unjuk seni, pameran, anjangsana, Bimtek, dan sejumlah kegiatan pertanian dan perikanan lainnya.

“Biasanya kelompok tani yang paling menonjol dalam kegiatan tersebut akan diikutkan dalam Penas. Jadi, kegiatan Peda ini juga menjadi ajang seleksi antar kelompok tani supaya bisa lolos ke Penas,” papar Winarno.

Menurut Winarno, dalam kegiatan Peda tak hanya dihadiri kelompok tani dan nelayan. Perwakilan dari penyuluh, peneliti, organisasi petani, BUMN, pelaku usaha,  pejabat pemerintah daerah/provinsi,   pengusaha dan pihak lain yang berkaitan dengan pembangunan peranian dan pedesaan juga bakal hadir. “Bahkan ada juga beberapa pendamping dan petani dari negara-negara Asean,  negara Selatan-Selatan dan Jepang yang ikut hadir memeriahkan acara tersebut,” ujarnya.

 Eksplorasi Pertanian di Daerah

Menurut Winarno, kegiatan lima tahunan ini, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah/provinsi yang menyelenggarakan. Sebab, dalam ajang tersebut pemerintah daerah/provinsi bisa mengeksplorasi keberhasilan pertaniannya. “Karena itu, yang menjadi sponsor utama Peda adalah gubernur dan kepala daerah. Sedangkan petani atau kelompok tani yang datang tak dipungut biaya. Para petani dan kelompok tani yang hadir dalam acara tersebut dengan biaya sendiri,” jelas Winarno.

Tema besar dalam kegiatan Peda tahun ini adalah “Memaksimalkan Produk Dalam negeri untuk Mendukung Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia 2045”. Karena itu, di dalam Peda tersebut juga ditampilkan beberapa produk lokal, termausk diversifikais pangan daerah. “ Hal ini diharapkan bisa mendorong sawsembada pangan di daerah dengan memanfaatkan pangan lokal,” ujarnya.

Winarno mengatakan,  selain keberhasil dalam pengembangan tanaman pangan, khususnya padi, jagung dan kedelai (pajale), dalam kegiatan tersebut akan ditampilkan  keberhasilan petani dalam pengembangan komodita horti (sayur dan buah),  tanaman perkebunan seperti kopi, dan lain-lain. Bahkan, kegiatan hulu seperti pasta bawang akan ditampilan dalam Peda tersebut.

Baca Juga:
Pohon Kamboja, Refugia Tanaman Padi

Winarno berpesan, agar kelompok  tani yang mengikuti kegiatan Perda bisa menampilkan kegiatan pertaniannya secara prima. “Saya dengar  selain modernisasi pertanian, ada juga yang menampilkan gelaran pertanian presisi berbasis teknologi 4.0,” pungkas Winarno.

Daerah/provinsi yang menyelenggarakan Peda Tahun 2019
1. Sumatera Selatan lokasi di Sekayu  pada 23-25 Juni
2.  Kalimantan Tengah lokasi di Kota Waringin  pada 7-13 Juli 2019.
3. DI Yogyakarta lokasi Pakem, Sleman pada  8-12 Juli 2019
4. Lampung  lokasi di Kalinada, Lampung Selatan pada 14-18 Juli 2019
5. Sumatera Utara lokasi di Serdang Bedagai pada 16-19 Juli 2019
6. Jawa Barat lokasi di Tasikmalaya pada 16-18 Juli 2019
7. Kalimantan Timur lokasi di Berau pada 19-22 Juli 2019.

Artikel Terkait

Leave a Comment