Desa Bendungan, Menyulap Selokan menjadi Kolam Ikan

Artikel Terkait

  • No related post.

KTNA Indonesia – Warga Desa Bendungan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, memberdayakan selokan Ciasin sepanjang 50 meter menjadi kolam ikan. Setiap Keluarga menyekat selokan, lalu menanaminya dengan benih pelbagai jenis ikan.

Irfah Satiri memelopori program Baraya: Bendungan Asri Ramah Berbudaya pada 2016. Awalnya program ini untuk membersihkan selokan yang bau karena mampet penuh sampah. Setiap hari penduduk mengeduk 20 kilogram sampah yang umumnya plastik. Selokan pun jadi bersih hingga tak ada nyamuk di Ciasin karena jentiknya dimakan ikan.

Baca Juga:
Pasar Ekspor Anggrek Terus Meningkat

Penduduk pernah sekali panen 8 kwintal yang diborong agen ikan pasar Bogor. Warga jadi punya kegiatan memberi makan ikan tiap sore. Mereka guyub karena bercengkrama langsung di pinggir selokan sambil memberi pakan. Menurut Irfah, yang paling berat dalam program Baraya adalah berkampanye agar tiap orang tak buang sampah ke selokan.

Kunci sukses program Baraya adalah SARE: Sosialisasi, Aksi, Reaksi, dan Eksekusi. Berkat Baraya, Desa Bendungan mendapat Eco Village dari Pemerintah Jawa Barat.

Desa Bendungan, Megamendung, Bogor, Jawa Barat

Artikel Terkait

  • No related post.

Leave a Comment